Dasar perhitungan dalam program php untuk pembuatan applikasi web

Assalamu alaikum wr wb ?

IKLAN:


Dalam program php, juga ada matematika nya... seperti menambah, mengurangi, membagi, perkalian, persentase, dan lain-lain, mudah-mudahan tulisan ini berguna bagi yang baru mengenal tentang pemrograman php. Dibawah ini di antaranya yang paling umum, yang sering di gunakan untuk keperluan menghitung suatu bilangan dalam php :

(+) Menambah
(-) Mengurangi
(*) Perkalian
(/) Membagi
(bilangan*bilangan/100) Persentase

Contoh untuk perkalian :

<?php
echo 3 * 2;
?>

Hasilnya adalah = 6


Lalu apa gunanya menghitung dalam php ?
Tentu banyak sekali, di antara nya anda dapat membuat sebuah applikasi seperti Toko Online, Administrasi Perkantoran, Software Management ke Uangan, dll, selain itu anda juga dapat membuat fungsi sendiri, seperti contoh di bawah ini adalah sebuah fungsi pertukaran mata uang asing, seperti menukar dolar ke rupiah, dsb.

Perhatikan contoh fungsi untuk pertukaran mata uang dolar ke rupiah di bawah ini :

<?php
function rupiah($dolar)
{
 //Tentukan harga uang dolar per 1 dolar nya, misal Rp.8900,-
  $rp = 8900 * $dolar;
  echo $rp;
}
?>
IKLAN

Untuk dapat menggunakan fungsi di atas, tinggal memanggil nya dengan rupiah("Jumlah Dolar"); pada script php, contoh : rupiah(10); maka hasilnya adalah 8900 x 10 = 89000

Dibawah ini adalah contoh fungsi persentase yang saya buat sebagai gambaran untuk anda gunakan : 


Sama seperti dalam contoh fungsi rupiah di atas, untuk dapat menggunakan fungsi persentase ini, anda tinggal memanggil nya dengan persentase($angka,$persen); seperti contoh : persentase(200000,5); atau dengan kata lain 5% dari 200000, maka hasil nya adalah : 10000



Dengan kedua contoh fungsi yang saya buat di atas, mungkin anda dapat menemukan ide atau gambaran lain nya dengan menggunakan metode perhitungan dasar dalam php.

Terimakasih sudah datang dan membaca tutorial singkat di atas, semoga ini dapat berguna buat anda, jangan lupa untuk memeberikan tanggapan atau komentar nya di bawah ini, thank's.

Posting Komentar

0 Komentar